Nano Spray MCI

Thursday, August 30, 2012

Makanan Agar ASI Melimpah



Selama ini makanan yang identik dengan melancarkan ASI adalah daun katuk, padahal tidak hanya katuk saja yang dapat menderaskan ASI. Berikut 3 jenis makanan yang penting dikonsumsi ibu menyusui :

  1. Sayuran
Sayuran berwarna hijau dan jingga membawa manfaat sama dengan katuk, sayuran yang baik dikonsumsi ibu menyusui selain katuk, yaitu bayam, sawi, kangkung, wortel, brokoli, paria, labu siam. Selalu lengkapi menu harian anda dengan sayuran karena sayuran kaya akan vitamin C dan asam folat. Walaupun kebutuhan akan asam folat tidak sebanyak saat hamil, namun kebutuhan asam folat tetap dua kali lipat daripada perempuan yang tidak menyusui karena asam folat penting untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah, serta perkembangan jaringan tubuh bayi.


  1. Buah-buahan
Ibu menyusui sebaiknya banyak mengkonsumsi buah-buahan segar, seperti papaya, mangga, apel, pir, jambu, jeruk, melon dan semangka. Selain dimakan langsung juga bisa dibuat jus. Konsumsi buah saat perut kosong, atau 30 menit sebelum makan agar pencernaan tidak terganggu dan nutrisinya terserap dengan baik.  Buah-buahan selain kaya vitamin C juga baik untuk meningkatkan vitalitas dan mood ibu menyusui karena buah-buahan mengandung kalium. Kekurangan kalium akan menyebabkan perubahan suasana hati seperti depresi, sementara saat menyusui Anda perlu berpikiran positif dan bahagia.

  1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan baik untuk cemilan ibu menyusui, merupakan sumber asam folat dan protein. Kacang hijau yang dibuat bubur atau sari kacang hijau dapat menjadi pilihan kudapan, kenari sangrai, kacang tanah, kedelai dan kacang merah. Anda juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan impor seperti almond, walnut, brazil nut, maupun pistachio. Khususnya kenari dan almond, selain kaya protein dan mineral juga kaya akan lemak sehat omega-3 yang akan memperkaya  nutrisi ASI.

Selain 3 jenis  makanan di atas, tentunya ibu menyusui harus selalu melengkapi menu hariannya dengan sumber protein baik itu hewani ataupun nabati, seperti ikan, telur, daging, tempe, tahu, dll. Jumlah cairan yang masuk juga harus banyak. Air minum, jus buah dan kuah sayuran sebaiknya tidak kurang dari 8 gelas atau 2 liter.
Menjaga pikiran agar tetap tenang dan cukup beristirahat juga sangat membantu keluarnya ASI, sisihkan waktu untuk meditasi atau menenangkan diri, dan lakukan pemijatan payudara. Sering-seringlah menyusui karena lebih sering menyusui membuat ASI tetap berlimpah.


No comments:

Post a Comment