Nano Spray MCI

Monday, April 30, 2012

Apel, Buah dengan Sejuta Manfaat




Buah apel, ternyata tidak hanya enak dimakan, tapi punya banyak khasiat untuk kesehatan. Sampai ada pepatah “an apple a day keeps the doctor away” saking banyaknya manfaat dari buah ini. Sebagai buah segar, apel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B6 dan C, juga asam klorogenik, pektin dan sorbitol. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap seperti itu, apel memiliki khasiat utama sebagai pembunuh virus yang sangat efektif. Satu buah apel terbukti bebas lemak, sodium dan kolesterol, serta memiliki kandungan serat yang tinggi. Tidak hanya itu, apel juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga mampu menangkal penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi sebutir apel sehari  :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit
  • Mempertahankan sistem imun tubuh untuk melawan flu
  • Melindungi tubuh dari infeksi saluran pernafasan
  • Mengurangi dan menetralkan lemak dalam tubuh
  • Penderita diabetes tidak perlu khawatir bila mengkonsumsi apel setiap hari, karena apel dapat menurunkan kadar gula darah
  • Mengurangi efek buruk dari kolesterol dan mencegah penyakit jantung
  • Berfungsi sebagai obat diare akut
  • Menghambat pembentukan sel-sel kanker
  • Apel segar bisa membantu melancarkan pencernaan karena mengandung malic dan asam tartarat yang menghambat fermentasi dalam usus.
  • Kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat membantu pencernaan, apel juga mengandung pektin, yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam saluran pencernaan.
  • Apel juga dapat memperlamban kemunduran daya ingat
  • Apel dapat melindungi organ hati, dan mencegah penyakit asma, kencing manis, dan memperkuat gigi.

Apel, dalam bentuk apapun, dimakan segar atau dalam bentuk jus, manfaatnya tetap baik untuk kesehatan. Ada juga hasil proses fermentasi buah apel segar, yang dikenal dengan nama cuka sari apel. Cuka ini sangat kaya dengan kandungan enzim-enzim penting dan vitamin, juga memiliki sifat utama sebagai antiseptik dan mampu membunuh bakteri dalam saluran pencernaan. Selain mengandung banyak karbohidrat, cuka sari apel juga mengandung serat yang mudah larut yang biasa disebut pektin.
Selain bisa menahan timbulnya kanker, pektin juga mengurangi efek buruk dari kolesterol.

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi apel :
  1. Demam : Apel dapat digunakan sebagai penurun demam dengan cara memarutnya.
  2. Batuk kering : Kukus apel dengan madu, dapat mengobati batuk kering dan menghilangkan lendir dari paru-paru.
  3. Apel segar dapat memperlancar pembuangan air besar, sementara jika direbus dapat mencegah diare.

Tips mengkonsumsi apel :

  • Pilihlah buah apel yang segar, cukup matang dan rasanya manis.
  • Makanlah apel segar bersama kulit buahnya. Karena di dalam kulit buah ini kaya kandungan pektin juga sarat akan kandungan kalium, asam folat, vitamin C dan kalsium.
  • Jangan menyimpan apel dalam plastik di lemari es karena akan cepat busuk.
  • Potong apel dan langsung makan, karena bila terlalu lama terkena udara, akan berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Bila ingin membuat jus, cuci bersih lapisan lilin di kulit apel dan buang bijinya. Karena biji apel dapat berkembang biak menjadi hydrogen sianida yang dapat menyebabkan sakit. 


Selain kegunaan di atas, berikut fakta lain dari apel :
Suatu penelitian menunjukkan bahwa setiap hari makan dua buah apel atau minum segelas sari apel murni, dapat mengurangi kadar kolesterol jelek dalam darah. Apel juga dapat melarutkan trombosit dalam darah yang dapat memicu penyakit jantung. 
Penelitian lain di Italia menunjukkan, setiap hari makan sedikitnya sebuah apel dapat mengurangi tingkat berjangkitnya banyak jenis kanker, misalnya kanker rongga mulut, kanker usus besar, kanker payudara,kanker indung telur dan kanker prostat.
Riset epidemiologi Universitas Harvard menunjukkan, orang yang tidak suka makan buah apel, begitu menginjak usia lanjut, giginya lebih mudah rontok daripada mereka yang suka makan buah apel. Sedangkan periset dari Jepang menemukan bahwa zat antioksidan apigenin yang sangat kaya dalam buah apel dapat meredakan gejala asma dan sejumlah gejala alergik.
Jadi, sudah banyak studi yang membuktikan bahwa dalam sebutir apel terkandung sejuta manfaat. Ternyata pepatah setiap hari mengkonsumsi sebuah apel dapat menjauhi kita dari dokter itu beralasan, terbukti mengkonsumsi apel setiap hari dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.


1 comment:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Parfum Ori
    Manfaat lain dari Parfum.

    ----------

    ReplyDelete